Introduce – Kincir Angin Multifungsi Pada Daerah Persawahan

Daerah tertinggal biasanya identik dengan daerah persawahan dimana para penduduknya bekerja sebagai petani. Masalah utama dari daerah tertinggal dalam mengelola persawahan adalah saat irigasi air, penggilingan hasil panen, dan penjagaan terhadap hama.

Sering ditemukan pada daerah-daerah tertinggal akan kondisi sawah yang rusak parah.

Sawah Rusak

Sawah Rusak

Kerusakan sawah dimana-mana. Ironisnya, mereka kebanyakan kurang begitu mengerti tentang hama apa saja yang dapat merusak lahan sawah milik mereka.

Hama Siput pada Tanaman Padi

Hama Siput pada Tanaman Padi

Selain itu, kebanyakan dari mereka pula hidup dalam kondisi menganggur karena jauh dari peradaban yang lainnya, sehingga mereka kesulitan, bahkan tidak tahu akan perkembangan jaman.

Pengangguran

Pengangguran di mana - mana

Dengan permasalahan tersebut, hasil panen akan berkurang yang mengakibatkan penghasilannya mengalami penurunan pendapatan, sehingga daerah tersebut tidak dapat meningkatkan kualitas hidup, baik dari segi IT, penghasilan, maupun keuangan.

Oleh karena itu, kita mencoba memberikan solusi pada daerah tersebut yaitu sebuah alat multifungsi yang dapat mengintegrasikan sistem pengolahan padi petani pada seluruh daerah tertinggal tersebut. Ide kami adalah “Kincir angin Multifungsi”, dimana kincir angin ini merupakan salah satu bentuk emerging technology yang dapat membantu petani dalam irigasi air, pengolahan hasil panen padi, penjagaan terhadap hama, baik burung, tikus, maupun wereng.

Kami memiliki ide bahwa seluruh siklus pengelolahan padi diatur oleh IT, atau akrab disapa dengan komputer.

Mesin Komputer

Mesin Komputer

Komputer bisa digunakan sebagai pusat data, kontrol, dan informasi. Sedangkan sebagai pusat energy adalah kincir angin.

kincir anginKincir Angin multifungsi sebagai pusat energi seluruh sistem

Kincir angin nantinya akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi tersebut disimpan dalam media penyimpanan energi yang disebut sebagai Generator.

Generator

Generator Kincir Angin

Setelah itu, pusat energi akan men-supplai pada beberapa fungsi sistem pengolahan, salah satu diantaranya adalah pompa air.

Pompa Air

Suplai energi dari generator ke pompa air.

Dari rangkaian beberapa pompa air telah mampu mengalirkan air dari mata air ke lokasi persawahan. Pompa air di-setting dari komputer pusat. Dengan cara tersebut, energi yang digunakan untuk memompa air bisa diminimalisir sesuai dengan kebutuhan.

irigasi

Hasil Irigasi buatan

Komputer pusat juga dapat melakukan setting pada alat penggerak boneka, sehingga dapat diatur dengan mudah tanpa harus menuju ke lokasi persawahan. penggerak boneka sawah ini juga memiliki jalur jalan yang khusus untuk boneka.

penggerak boneka sawah

Penggerak Boneka Sawah

Dengan begitu, maka boneka bisa digerakkan dengan penggerak boneka sawah yang disetting melalui komputer pusat.

Boneka Sawah

Boneka Sawah yang dapat bergerak

Hasil dari pengolahan lahan padi dari sistem pengolahan tersebut akan didapat tanaman padi yang berkualitas.

padi

Hasil padi yang berkualitas.

Tanaman padi yang siap panen akhirnya dipanen. Panen adalah proses pemisahan biji padi dengan tanaman secara masal. saat dilakukan pemisahan, padi dikumpulkan pada beberapa titik lokasi, kemudian akan dibawa ke gudang untuk dilakukan penggilingan.

Panen

Mengumpulkan beras pada beberapa titik lokasi

Setelah proses pemanenan, padi akan dilakukan penggilingan dengan alat penggiling yang dapat menampung puluhan ton beras dalam sekali giling, dengan hasil yang tetap berkualitas.

penggiling beras

Alat pengolahan pengolahan padi menjadi beras.

Hasil penggilingan (beras) kemudian dilakukan pengepakan, yaitu diletakkan dalam karung, kemudian disimpan pada gudang penyimpanan beras. Beras yang ada di gudang penyimpanan dilakukan klasifikasi kualitas beras, yaitu terdapat kualitas Ekspor, kualitas tinggi, dan kualitas ekonomis.

Gudang Beras

Hasil penggilingan kemudian disimpan pada gudang pusat.

Untuk proses pemasaran, target pemasaran adalah pasar-pasar di Indonesia dengan kebutuhan konsumsi beras yang tinggi. Sebagai media pendukung proses pemasaran, tetap pula digunakan media sponsor paling dinamis di dunia, yaitu website sebagai alat utama proses pemasaran via online.

Apabila perkembangan proses bisnis dari hasil pengolahan beras berhasil, bahkan hingga melebihi kuota penghasilan di atas rata-rata, maka akan dilakukan eksport ke negara-negara tetangga yang mengkonsumsi beras sebagai bahan pokok.

Ekspor

Bila melebihi kuota produksi, akan dilakukan ekspor

This entry was posted in Introduce and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s